Jumat, 15 Juni 2012

:: 10 KARAKTERISTIK KONSUMEN INDONESIA (1) ::




Retailing adalah kegiatan  menjual barang atau jasa kepada KONSUMEN AKHIR. Konsumen akhir tersebut tidak menggunakan barang atau jasa yang sudah dibelinya untuk kegiatan bisnis (dijual kembali).



Kegiatan retail ini dilakukan oleh manufakturer maupun retailer. Oleh karena itu baik manufakturer maupun retailer hendaknya memahami bagaimana karakteristik konsumennya.


Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Indonesia harus menjadi pasar bagi orang Indonesia sendiri. Penjualnya adalah orang Indonesia. Konsumennya bolehlah konsumen luar negeri namun KONSUMEN UTAMA-nya harus orang Indonesia.

Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah penduduk yang banyak. Jumlah penduduk yang banyak ini menguntungkan bagi siapa yang menguasai pemasaran. Menjadi pemenang  dulu di pasar dalam negeri baru kemudian terbang ke pasar luar negeri.



Untuk memenangkan pasar, baik manufakturer mau retailer harus berorientasi pada konsumen. Kepuasan konsumen Itu kuncinya. Memenangkan pasar itu berbicara tentang target jangka panjang. Jika konsumen puas maka akan menimbulkan repeat order dan efek word of mouth pasti akan terjadi.


Untuk memenangkan pasar Indonesia maka manufakturer maupun retailer harus memahami bagaimana karakteristik konsumen Indonesia.


10 karakteristik konsumen Indonesia :
  1. Memiliki pola pikir jangka pendek.
  2. Tidak memiliki perencanaan.
  3. Cenderung berkelompok dan suka berkumpul.
  4. Tidak adaptif dengan teknologi baru.
  5. Fokus pada konten bukan pada konteks
  6. Menyukai barang-barang produksi luar negeri.
  7. Semakin memperhatikan masalah keagamaan.
  8. Suka pamer dan gengsi.
  9. Tidak banyak dipengaruhi oleh budaya lokal.
  10. Kurang mempedulikan lingkungan


10 karakteristik konsumen Indonesia ini merupakan hasil survey sebuah lembaga survey di tahun 2010.   Beberapa hal sudah bergeser tentu saja dan semoga akan terus bergeser ke arah yang lebih baik.

Misalnya pada point ke empat. Konsumen Indonesia sudah melek dengan teknologi. Perangkat seluler hampir semuanya sudah terkoneksi dengan internet. Jumlah pengguna perangkat seluler Indonesia pun sudah mencapai 60% dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.

Semoga saja, point ke 6 pun akan segera bergeser menjadi KONSUMEN INDONESIA BANGGA PRODUKSI DALAM NEGERI




|| SANDAL 10. 000 DESAIN, WELCOME FOR RESELLERS, Investasi Reseller Mulai 50rb Saja, GARANSI UANG KEMBALI, TANPA MINIMAL ORDER, PASTI LAKU (Insya ALLAH), 08572 650 9 443||

1 komentar: